Rabu, 01 Februari 2017

contoh makalah proposal usaha salon kecantikan



A.  LATAR BELAKANG
Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang, sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri, jam kerja bisa diatur dengan fleksibel juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita.
Adapun bidang usaha yang minati adalah usaha salon, dengan alasan kebutuhan akan jasa kecantikan ini tidak pernah habis. Terutama wanita yang sedari dulu sudah sangat sadar perlunya merawat kecantikan dari ujung kaki sampai ujung kepala. Wanita dulu biasa melakukan perawatan tubuhnya sendiri di rumah dengan ramuan kecantikan tradisional yang diolah sendiri. Jaman sekarang yang serba praktis ini, wanita tidak lagi membuat ramuan kecantikan sendiri namun bisa membelinya dalam kemasan siap pakai di toko-toko. Namun, walau banyak alternatif perawatan tubuh yang dapat dilakukan sendiri di rumah, beberapa hal tetap harus dibantu orang lain misalnya gunting rambut dan blow. Lagipula pada dasarnya wanita senang dimanjakan, sehingga walaupun bisa mencuci rambut sendiri, luluran, creambath, facial atau gunting kuku mereka tetap saja jika orang lain yang mengerjakannya. Layaknya putri raja yang dilayani para dayang, begitulah perasaan wanita di salon.
Wanita juga berharap penampilan menjadi lebih cantik dengan rambut yang tertata, baik cuma di-blow biasa, blow variasi , pengeritingan, rebonding atau disanggul, alis yang dibentuk bak bulan sabit, kuku tangan dan kaki yang lentik dan berkilat, semua hal tersebut membutuhkan jasa salon sebab sulit dilakukan sendiri. Datang ke salon juga menjadi lebih menyenangkan sebab jasa perawatan kecantikannya semakin variatif misalnya pelangsingan, pemutihan kulit, bahkan perawatan kesehatan seperti refleksi kaki dan back therapy juga ditawarkan. Jasa salon sudah menjadi bagian hidup wanita, ibaratnya tidak mungkin wanita tidak ke salon. Bahkan cewek paling tomboy sekalipun memotong rambutnya di salon bukan?
Bukan hanya wanita, namun pria juga tidak mau ketinggalan. Buat pria yang peduli dengan penampilannya maka sekedar gunting rambut dan pijat saja tidak cukup. Pria saat ini juga ingin punya penampilan bak model dan peragawan . Tampil dengan kulit wajah yang halus, kulit tubuh yang lebih terawat, tidak terlalu banyak bulu, kuku yang rapi, juga gaya rambut. Tren pria metro seksual memang menjadi pemicu meningkatnya jumlah pria yang datang ke salon.
Pangsa pasar usaha salon kecantikan masih sangatlah besar karena jumlah orang yang tidak punya waktu untuk merawat sendiri kecantikannya akan semakin besar. Mereka inilah yang membuat potensi pasar usaha salon kecantikan terus meningkat dari waktu ke waktu.


B.   TARGET DAN SASARAN PASAR.
Bisnis Usaha salon kecantikan ini mungkin sudah banyak yang mendirikan, namun disamping itu masih banyak juga pelayanan yang kurang memuaskan pelanggan, layaknya candu, jika seseorang sudah mencoba suatu salon dan merasa nyaman, maka orang tersebut akan jadi pelanggan tetap, oleh karena itu pelayanan yang ekstra adalah langkah awal dalam memulai persaingan dengan usaha lain. Promosi yang lain adalah dengan membuat brosur dan pasang iklan di beberapa media, termasuk internet..
Penelitian tentang saingan pun akan berpengaruh bagi proses pemasaran produk makanan ini, oleh karena itu kami pun meneliti para pesaing dengan meneliti jenis-jenis pelayanan, kekurangan dan kelebihannya secara spesifik, shingga perusahaan salon kecantikan ini mempunyai nilai lebih dari salon biasa, yaitu dengan harga yang murah dan prlayanan yang lebih memuaskan.
Selain itu kita juga menggunakan beberapa konsep bauran promosi, manfaatnya dengan mengoptimalkan proses promosi maka akan lebih mudah juga dalam memasarkan produk usaha ini, kita akan coba semua teori tentang bauran promosi, dan kemudian akan kami seleksi cara yang mana yang lebih efektif dan efisien.
Adapun jenis bauran promosi tersebut antara lain :
1.      Periklanan (Advertising)
2.      Penjualan Pribadi (Personal selling)
3.      Promosi Penjualan (Sales Promotion)
4.      Publsitas (Pubilicity)


C.   RINCIAN PENGELURAN
Modal awal dari usaha salon ini adalah modal sendiri sebesar  Rp. 7.000.000. dan uang tersebut digunakan untuk membeli peralatan-peralatan dan perlengkpan-perlengkapan sebagai berikut:
1.      Peralatan :
a)      Alat kecantikan : Rp. 1.000.000.-
b)      Kosmetik : Rp. 2.000.000,-
2.      Perlengkapan :
a)      Cermin dll : Rp. 500.000,-
3.      Biaya Perawatan Rp.100.000,- / Bulan
4.      Gaji 2 orang @ Rp 700.000,-.  / Bulan
5.      Biaya listrik Rp. 150.000,- / Bulan
6.      Tambahan Modal salon : Rp. 500.000,- / Bulan
7.      Sewa gedung : Rp. 250.000,- / Bulan
8.      Pemanas rambut jika diperlukan : 1 unit @ Rp 2.000.000
9.      Hairdryer : 3 unit @ Rp 300.000
10.  Dipan tempat facial : 2 unit @ Rp 2.000.000
11.  Meja dan pancuran cuci rambut : 2 unit @ Rp 1.500.000
12.  Cermin besar : 3 unit @ Rp 300.000
13.  Troley peralatan salon : 1 unit @ Rp 1.000.000
14.  Lemari etalase kaca : 1 unit @ Rp 2.500.000
15.  Peralatan salon berupa sisir, set manicure-pedicure, gunting, handuk : 1 Unit @ Rp 2.000.000
16.  Bahan – bahan salon (shampoo, tonic, cream, pelembab, dll) : 1 paket @ Rp 5.000.000
17.  Kursi salon khusus : 3 unit @ Rp 1.000.000

                                                                                                                           













SALON KECANTIKAN
“BEAUTIFY”


Nama                 : iwan
Kelas               : C
No. urut            :
Stambuk          : 1212 411 132









Lampiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar